Maandag 18 Maart 2013

Perkembangan teknologi dari tahun 2012-2013



Perkembangan Teknologi Android di Tahun 2013

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgadzJxg3XvweD2G7FOAzQDD15Wx40VP96ynt00oABdDt-7d8D82j4ULm-W1F09Z25QPJgc-ijunIoxAgYb2WhDUrJj_W8Rop2KAgLM-b3P5r8x7G2D_PbI1EemyzeTe3QmBvaMBZXoW90/s320/androidmultiple.jpg
Ponsel dengan sistem operasi Android menjadi yang terpopuler di industri smartphone saat ini. Tentunya banyak penggemar Android yang menantikan akan seperti apa perkembangan smartphone robot hijau tersebut di masa depan.
Ya, di tahun 2013, sudah pasti ponsel dengan OS Android akan mengalami berbagai peningkatan fitur. Didukung oleh para vendor besar yang memproduksi hardwarenya.
Lalu seperti apa kira-kira tren teknologi ponsel Android di 2013? Berikut proyeksinya seperti disarikan dari Cnet, Kamis (27/12/2012).

1. Layar Makin Besar & Tajam
Rasanya belum terlampau lama smartphone pada umumnya punya layar yang luasnya tidak melebihi 4 inch. Kebanyakan ponsel Android dahulu layarnya kurang lebih 3 sampai 4 inch saja.
Namun belakangan, tren itu perlahan berubah. Handset populer seperti Galaxy S III, Galaxy Note atau One X layarnya menjadi semakin jumbo, semua di atas 4 inch.
Tidak hanya menjadi besar, layar ponsel Android pun semakin tajam resolusinya. Dimulai dari HTC di mana ponsel terbaru mereka, Droid DNA, punya resolusi full definisi tinggi 1080p.
Di tahun 2013, tren layar besar dan tajam diperkirakan makin merebak saja. Terlebih, konsumen terbukti punya minat kuat terhadap ponsel dengan layar besar.

2. Tidak Sekadar Prosesor Quad Core
Dari sisi spesifikasi, Android boleh dibilang paling depan dalam soal mengusung teknologi baru. Tahun 2013 misalnya, ditandai dengan cukup maraknya ponsel Android dengan prosesor empat otak.
Nah di tahun 2013, prosesor quad core diprediksi telah menjadi kebutuhan minimal sebuah ponsel cerdas di kelas atas. Minimal kekuatannya quad core 1,5 GHz atau lebih.
Ditunjang perlombaan prosesor dari produsen kelas atas seperti Qualcomm atau Nvidia. Dan produsen ponsel yang memproduksi prosesor sendiri seperti Samsung.

3. Ponsel Android Murah Kian Berkualitas
Tahun 2012 ini, ponsel Android yang dibanderol lumayan murah kian banyak. Cukup mudah dijumpai handset Android dengan harga sejutaan, bahkan kurang.
Di tahun 2013, ponsel Android murah akan semakin berkualitas. Bukan tidak mungkin prosesornya pun sudah dual core seiring munculnya berbagai teknologi baru yang mereduksi harga teknologi lama.
Demikian juga dengan teknologi lain yang selama ini masih barang mewah, kemungkinan akan menjadi hal yang umum di deretan ponsel Android berharga terjangkau.

4. Baterai Lebih Awet
Salah satu isu utama di smartphone adalah baterai kurang awet. Di tahun 2012, beberapa produsen ponsel mulai membekali handsetnya dengan baterai berkekuatan tinggi untuk menjamin keawetannya.
Seperti Motorola Droid Razr Maxx atau Samsung Galaxy Note II, datang dengan baterai berkapasitas lumayan tinggi.
Tahun depan, tren ini diprediksi terus berlanjut. Produsen ponsel mulai menyadari konsumen mempertimbangkan membeli ponsel dengan baterai tahan lama.

5. Android Merambah 'Wilayah' Baru
Android memang mayoritas digunakan di perangkat ponsel dan komputer tablet. Namun mulai merambah perangkat baru seperti kamera.
Seperti Samsung yang di tahun 2012 ini memperkenalkan Galaxy Camera. Gadget ini adalah sebuah kamera yang menjalankan secara penuh OS Android. Bahkan bisa mengirimkan SMS.
Produsen kamera besar seperti Nikon, Polaroid, Canon atau yang lain mungkin akan segera melakukan langkah serupa. Dan tidak hanya di kamera, Android bisa jadi juga menjadi OS perangkat lain.

7 Smartphone Android Terbaik di Tahun 2013

Smartphone Android saat ini menjadi suatu kebutuhan hidup manusia. Dalam berbagai konsdisi dan situasi Smartphone Android digunakan dan dimanfaatkan untuk membantu manusia melalui berbagai Aplikasi Android yang bisa diaplikasikan dari Smartphone Android. Dari berbagai jenis dan kategori Smartphone Android terus berkembang dan maju melalui berbagai inovasi dan teknologi yang dikembangkan oleh produsen Smartphone Android.  Khusus pada tahun 2012 perkembangan teknologi Android secara menyeluruh memang sangat signifikan, berbagai Gadget baru dengan konsep teknologi dan inovasi baru dengan kencang menyerbu pasar dan menawarkan kepada konsumen hal – hal yang belum pernah ada sebelumnya. Dari berbagai Smartphone Android yang rilis pada tahun 2012 ini banyak diantaranya menjadi penguasa pasar Smartphone, kemudian dari beberapa Smartphone tersebut juga muncul Raja Smartphone Android yang stabil di posisi atas pasar Smartphone. Bahkan review untuk tahun 2013 beberapa Smartphone Android yang menjadi raja pada tahun 2012 ini akan tetap menjadi raja Smartphone Android pada tahun 2013, dengan beberapa versi yang akan muncul dengan inovasi terbaru.

7 Raja Smartphone Android di Tahun 2013

Samsung Galaxy S 4

Samsung Galaxy S 4 adalah salah satu Smartphone Android yang diprediksi akan menjadi raja Smartphone Android pada tahun 2013. Hal tersebut bukan sekedar prediksi asal – asalan, melihat kesuksesan Samsung Galaxy S 3 pada tahun 2012 tentunya pengguna Raja Smartphone Android itu akan menanti – nanti kehadiran dari generasi terbaru dari Samsung Galaxy S 3 yaitu Samsung Galaxy S 4. Dengan beberapa perbedaan inovasi teknologi yang akan membuat Smartphone Android Samsung Galaxy S 4 sangat patut untuk di tunggu – tunggu.
Samsung Galaxy Note 3

Masih dari pabrikan Samsung, Versi Galaxy Note 3 akan hadir untuk meramaikan persaingan di pasar Smartphone Android pada tahun 2013 ini. Seri Phablet ini akan ikut menjadi calon raja di tahun 2013 ini. Dengan dua unsur yaitu tablet dan Smartphone yang sudah mencapai kesuksesan pada tahun 2012 melalui seri Galaxy note 2, tentu pada tahun 2013 ini diharapkan Galaxy Note 3 akan melebihi kesuksesan dari Galaxy Note 2.
Nexus 5

Smartphone Android yang selalu mengiringi peluncuran dari OS Android ini diperkirakan akan dapat bersaing dengan Smartphone Android yang muncul dengan inovasi – inovasi terbaru. Nexus sendiri dapat dikatakan sebagai tester dari OS android yang terbaru. Dengan begitu Nexus merupakan Smartphone Android yang menjadi yang pertama merasakan OS Android terbaru yang meluncur.
HTC M7

Setelah banyak mengeluarkan Smartphone Android dengan kelas HIGH-END di tahun 2012, Pada tahun 2013 ini HTC akan mencoba salah satu komposisi terbaik dari Smartphone Android yang akan bersaing di kelas Raja Android. Dengan menggunakan komposisi Smartphone terbaik melalui inovasi terbaru serta hardcase alumunium yang menjadi sebuah keunggulan fisik dan unsur kemewahan HTC M7 sangat patut untuk di perhitungkan menjadi reverensi rajanya Smartphone Android pada tahun 2013.
HTC EVO 4G LTE 2

Salah satu Smartphone Android Terbaik yang akan muncul pada tahun 2013. Dengan menggunakan Android 4.1 Jelly Bean tentu kemampuan aplikatifnya akan sangat tinggi, karena sejalan dengan perkembangan Aplikasi Android terbaru yang banyak muncul dengan menggunakan update dari Android 4.1 Jelly Bean.
Sony Yuga

Sony akan ikut bersaing dengan vendor lain untuk menjadi yang terbaik di kelas tertinggi persaingan Smartphone Android. Dengan nama Sony Yuga konsep phablet di usung oleh Sony dengan layar 5 inchi. Informasi yang berkembang sampai saat ini Yuga akan menggunakan kapasitas yang sangat besar. Dengan di persenjatai kamera 16 MP. Dengan kemampuan tersebut Sony Yuga dapat menjadi Smartphone Android Terbaik dan paling representatif untuk anda gunakan.
LG  Optimus G2

Smartphone Android dengan konsep phablet yang akan segera muncul di tahun 2013. Dengan layar 5 inchi 1080 px yang di support prosesor quad-core. Dan fitur – fitur lain yang sangat patut untuk digunakan. Info yang beredar yaitu LG Optimus G 2 ini akan menggunakan versi Android 5. yaitu Key Lime Pie, pada bulan mei 2013.

Smartphone Android Terbaik Tahun 2013

Smartphone yang membanjiri pasaran saat ini adalah Smartphone yang mempunyai teknologi terbaru dengan variasi harga dan kategori khusus. Konsep Smartphone Android untuk kehidupan anda merupakan hal yang sangat baik untuk droiders. Dimana saat ini penggunaan Smartphoen Android oleh droiders mencapai hampir 60 % dari kegiatan sehari – hari. Untuk itu sangat dibutuhkan penggunaan Smartphone Android dengan teknologi tinggi dengan efektif sehingga teknologi yang sangat maju itu tetap dapat aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna Smartphone Android.
 



 

Pernahkah anda menggunakan sebuah Smartphones? Saya yakin semua pasti telah menggunakan teknologi ini. Pada tahun 2011 saja teknologi Smartphones semakin berkembang pesat menurut pengamatan saya dan pada tahun 2011 juga Smartphones yang dulunya mahal kini semakin terjangkau untuk orang yang digolongkan menengah kebawah.
Pada tahun 2012 ini, saya telah membuat prediksi tentang perkembangan teknologi Smartphones. Ini lah beberapa prediksi saya :
Rata-rata Smartphones mendatang memiliki layar lebar
Jika pada tahun 2010 lalu Smartphones mahal masih menggunakan layar sebesar 3.0 inci, maka pada tahun ini saya prediksi sebagian besar dan bahkan semua smartphone akan memiliki layar dengan diagonal yang besar dan memiliki jumlah piksel yang lebih tinggi.
Semakin cepat dan semakin naiknya prosessor
Tahun lalu saja, para produsen smartphones berlomba-lomba menanamkan prosessor cepat pada smartphones mereka yang rata-rata sudah 600Mhz dan bahkan sampai 1Ghz. Maka pada tahun ini akan semakin lebih besar dari tahun yang lalu.
Tombol fisik ponsel akan semakin berkurang
Pasti dari beberapa diantara kalian telah menggunakan ponsel android, ponsel android identik dengan layar sentuh yang memiliki 3 tombol fisik, dan ditahun ini smartphones android dan lainya akan semakin mengurangi tombol fisik tersebut meski orang indonesia banyak yang tidak suka dalam merawat layar setuh.
Smartphones akan semakin baik dalam mengambil foto
2 tahun yang lalu, ponsel dengan kamera 2 MP saja sudah bisa dikatakan baik menghasilkan foto, tetapi mengintip pada tahun 2011 saja ponsel banyak yang telah memakai kamera dengan resolusi besar dan menghasilkan foto yang begitu indah. Tak heran setiap tahun ponsel smartphones semakin memperbaiki fitur ini.
Akan semakin cepat koneksi smartphones dari tahun ke tahun
Banyak yang berharap koneksi smartphones akan semakin cepat di negara kita ini, mungkin pada tahun ini akan terkabul harapan para pecinta smartphones seperti semakin dikembangkannya teknologi NFC yang secara sederhana dapat dijelaskan satu smartphones dengan smartphones atau gadget lainya akan semakin cepat dan simpel dalam mengirim data dengan menempelkan gadget satu ke yang lainya. Tidak hanya itu, koneksi dengan internet pun akan semakin cepat.
Itulah beberapa perdiksi perkembangan teknologi yang akan terjadi pada tahun 2012
 


Teknologi Terbaru dan Tercanggih 2012

1. MEJA MASA DEPAN
Pada awal tahun 2011, beredar kabar munculnya teknologi tv hologram. Tapi baru-baru ini, dipenghujung tahun 2011, Microsoft membuat sebuah terobosan dengan teknologi yang diberi nama Microsoft Surface, dimana sebuah kombinasi antara meja, komputer, kamera, serta touch sensivity berukuran sebesar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi untuk berbagai aktivitas.
Pada meja besar yang menggunakan LCD touch screen 40 inci, Microsoft menempatkan sebuah smartphone pada layar, seketika Microsoft Surface akan mengenali perangkat tersebut dan menampilkan informasi mengenai perangkat serta memungkinkan untuk memilih model yang berbeda. Kabarnya, Microsoft telah mengkonfirmasi harga terbaru untuk meja masa depan yang akan mereka rilis pada tahun 2012 nanti di pasar Amerika sebesar $8.900
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/meja-masa-depan-screenshots-2.jpg?w=300&h=200
Seperti halnya Microsoft Surface, teknologi terbaru untuk masa depan lainnya, sebuah meja interaktif, EXOdesk, memungkinkan sobat untuk melakukan semua aktivitas pada virtual space. EXOdesk sebenarnya merupakan sebuah tabletop computer yang menawarkan layar high definition 40 inci, di mana kita bisa memanipulasi virtual object dengan menyentuh dan dragging. EXOdesk akan dirilis pada tahun 2012 mendatang dengan harga $1,299.
Pada video dibawah ini bisa sobat saksikan penampakan kecanggihan teknologi terbaru untuk masa depan dengan tampilan virtual keyboard, RSS feed stream, simulasi permainan piano, dan aplikasi untuk permukaan tabletop
2. KEYBOARD TERBARU DAN TERCANGGIH 2012
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/keyboard-komputer-201111.jpg?w=540
Keyboard Komputer 2012 Terbaru Tercanggih – Informasi terbaru untuk Anda penggila teknologi kali ini telah hadir keyboard komputer terbaru dan tercanggih 2012 yang harus Anda miliki karena beberapa fitur kecanggihan teknologinya belum ada pada keyboard biasa.
Produsen: Logitech – Nama Keyboard Logitech G15
Kelebihan : Software SDK memungkinkan penyesuaian luas fungsi keyboard.
Kekurangan : Keyboard game 2011 ini tidak memiliki beberapa tambahan kecil, seperti warna latar kostum.Keputusan: G15 sangat seimbang karena memiliki semua fitur utama yang gamer gunakan.
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/keyboard-komputer-tercanggih1.jpg?w=540
General
- Device type keyboard
- Form factor eksternal
- Localization English : USInput Device
- Interface USB
- Connectivity Technology Wired
- Buttons Qty 6
- Features Palm rest , LCD display
- Key/ Button Function multimedia, Programmable
Expansion / Connectivity
- Expansion Slot(s) None
- Interfaces None
- Connection 1 x USB – 4 pin USB type A
Miscellaneous
- Cables Included 1 x USB cable
- Microsoft Certifications Works with Windows Vista
Software /  System Requeriments
- Software included Drivers and utilities
- OS Required Microsoft Windows XP, Microsoft Windows Vista
- System Requirements Details Windows XP – RAM 256 MB – HD 20 MB , Windows Vista – RAM 256 MB – HD 20 MB
Manufacturer Warranty
- Service and Support 1 year warranty
- Service and support details limited waranty – 1 year
Cable(s) / Peripheral(s)
- Cable(s) included 1 USB cable
Interface(s) Required
- Port(s) / Connector(s) required 1 USB 4 pin USB type A
Interface Provided
- Port (s) Total (free) None
Warranty
- Service / Support details limited warranty 1 year
Expansion Slot(s)
- Slot(s) Provided none
3. Quantum Teleporter
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/1.jpg?w=300&h=126
Q-Teleportation telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. “Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama kalinya di luar laboratorium universitas,” kata Rupert Ursin, peneliti Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria. Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini “menciptakan” replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan “menghilang” selama replikanya diciptakan.
sumber: National Geographic.
4360º 3-D Holographic Displays
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/2.jpg?w=300&h=197ZCam™ merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek (yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi oleh 3DV Systems. Teknologi ini berbasiskan prinsip “Time of Flight”. Pada teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek pada scene.
5Lightsaber (Pedang Laser)
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/3.jpg?w=300&h=224
Yang kita ketahui, pedang ini hanyalah hasil “karya: pada film-film sains fiksi belaka!! Lightsaber terdiri dari logam dan mata pedang berupa plasma sepanjang 1 meter. Lightsaber ini bisa memotong objek tanpa perlawanan sedikitpun. Bisa meninggalkan luka bakar pada kulit manusia. Tapi pedang ini bisa ditangkis, namun dengan pedang lightsaber pula, bisa juga ditangkis dengan perisai.
6JetPack
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/4.jpg?w=300&h=199
Jetpack, juga termasuk alat yang banyak kita temukan di film sains fiksi, yang mana alat ini menggunakan jet yang melepaskan gas (bisa juga air) dan kemudian “menerbangkan” penggunanya. TAM adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang memproduksi paket lengkap kostum yang didesain oleh Rocket Belt menggunakan mutakhir dan juga material aerospace dengan mesin penyulingan khusus untuk memproduksi bahan bakar Hidrogen Peroksida jet anda.
7Military exoskeleton prototype
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/5.jpg?w=300&h=188
Military exoskeleton merupakan sejenis rangka luar bertenaga hidrolik yang dipasang pada militer dan bisa mengangkat hingga 100 kg benda untuk jangka waktu yang lama dan bisa sambil mengelilingi suatu area pula. Desainnya yang fleksibel memungkinkan pengguna untuk berjongkok, bergerak pelan dan “mengangkat” ke atas. Tidak ada joystick maupun mekanisme kontrol lainnya. Kontrolnya menggunakan indra manusia.
8Flying Car
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/6.jpg?w=540
“Mobil terbang” ini disebut “The Highway in the Sky”. Jika tiap waktu agan terjebak macet, maka dengan menggunakan flying car ini agan bisa berputar dan menukik di angkasa agar bisa sampai di tujuan dengan cepat.
9Flying Saucer
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/7.jpg?w=540
Ini adalah model kendaraan udara tak berawak dengan bentuk cawan (mirip pesawat UFO uy) yang dibuat oleh sebuah perusahaan di Inggris bernama Aesir.
10. Virtual Goggles
http://sitabungadia.files.wordpress.com/2012/01/91.jpg?w=540Teknologi telah membawa dunia virtual ke dalam komputer kita sejak lama. Tapi, dunia virtual tersbut sekarang bisa disaksikan di rumah kita. Sebuah ekseprimen yang telah dilakukan selama beberapa dekade, sekarang telah menjadi kenyataan.
Pada gambar diatas, wanita tersebut sedang menggunakan device berteknologi virtual bernama iWear VR920 dari perusahaan Icuiti. Alat tsb bisa berfungsi sebagai output video juga sebagai gaming console.
11.  Virtual Goggles
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUlJUtuxZ4rCIBUUoOzRRLV4Dfve_UTAEbpcXhXcZp2qhix6cz7jH-vK03NCX_vw0JSzzx3mz8MVRAA5j4mP7HcLGWm4y_AjyamCAoT54Y4kRzHzsKLxhwS1kFMrcVlS7069WNCfiL_pyM/s1600/8.jpg


Teknologi telah membawa dunia virtual ke dalam komputer kita sejak lama. Tapi, dunia virtual tersbut sekarang bisa disaksikan di rumah kita. Sebuah ekseprimen yang telah dilakukan selama beberapa dekade, sekarang telah menjadi kenyataan.

Teknologi Terbaru 2012 : Mouse Scanner


LG Electronics merupakan perusahaan perusahaan terbesar kedua dari Korea Selatan dalam bidang perangkat elektronika, serta berada diurutan ketiga di dunia untuk bidang pembuatan perangkat elektronik. Pada awal tahun 2011, dunia dikejutkan dengan adanya teknologi terbaru, teknologi TV Hologram. Dan sebelumnya, juga ada berita tentang teknologi meja masa depan. Mengawali tahun 2012, LG meluncurkan sebuah perangkat yang merupakan salah satu dari teknologi terbaru 2012. Perangkat ini menggabungkan fungsi navigasi komputer (mouse) dan alat pemindai (scanner). Alat atau perangkat yang merupakan perangkat terbaru dari LG untuk tahun 2012 ini diberi nama LG Mouse Scanner. LG melalui LG Mouse Scanner menawarkan kejutan inovasi terkini serta keunikan fungsi di dalam perangkat terbaru ini.

Dari segi tampilan, sangat terlihat jelas jika LG Mouse Scanner memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan alat bantu navigasi komputer (mouse) lainnya. Perbedaan akan terlihat ketika kita melihatnya secara detail karena pada bagian samping kiri akan terlihat adanya tambahan dua tombol yang berfungsi sebagai tombol untuk mengaktifkan fungsi pemindaian (scan) dan tombol 'Back' untuk kembali ke menu sebelumnya. Selain itu, perbedaan yang terlihat paling menonjol yaitu pada bagian penampang dasar yang merupakan letak alat pemindai. LG Mouse Scanner dilengkapi dengan lensa optik beserta rangkaian perangkat pendukung yang berfungsi untuk mengenali obyek. Sama halnya seperti alat pemindai (scanner) lainnya. Dengan LG LSM-100, sobat dapat memodifikasi hasil pindaian yang berupa kombinasi dari teks, tabel dan gambar.


Cara menggunakan alat atau perangkat ini pun cukup mudah. Sobat hanya perlu menekan tombol scan, lalu memblok seluruh bidang obyek yang ingin dipindai. Setelah itu, sobat hanya perlu geser hasil pindaian sebelumnya ke dalam laman Microsoft word atau Microsoft excel, perangkat ini akan secara otomatis hanya akan mengambil teks atau tabel dari hasil pindaian sebelumnya dalam format siap edit.

LG LSM-100 mampu memindai atau men-scan luas bidang mencapai ukuran A3. Sebagai salah satu perangkat teknologi terbaru 2012 yang tidak hanya digunakan sebagai alat bantu navigasi, tetapi juga dapat sebagai alat pemindai, LG Mouse Scanner ini dilengkapi dengan dua sensor laser berkekuatan 1200dpi, yang berfungsi untuk mengenali koordinat objek yang akan dipindai. Kedua sensor laser ini tidak akan merubah hasil pemindaian meski nantinya terjadi pengulangan proses pemindaian pada bidang yang sama. Dengan adanya dua sensor laser dari perangkat terbaru dari LG ini, tentunya sobat dapat men-scan dengan leluasa tanpa mempengaruhi hasil pemindaian.
 



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking