Woensdag 20 Maart 2013

Bantimurung Maros


Air Terjun Bantimurung

image 

Terletak di Kabupaten Maros, sekitar 40 km dari Kota Makassar. Air terjun ini merupakan objek wisata idola masyarakat di Sulawesi Selatan yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia sejak kunjungan Alfred R. Wallace pada tahun 1857, yang kemudian menamakan tempat ini 'The Kingdom of Butterfly'.
Telah banyak fasilitas wisata yang tersedia di kawasan ini, yaitu antara lain tersedianya fasilitas Guest House, Baruga Bantimurung, kolam renang, shelter, pintu gerbang dan loket, jalan trail, kantor pengelola, Butterfly Breeding, pusat informasi, toko cindera mata, warung makan, fasilitas MCK, dan lain sebagainya.
Aktifitas wisata tirta di kawasan Air Terjun Bantimurung tersebut dapat dirangkaikan pula dengan kegiatan penelusuran gua serta menikmati keindahan warna-warni Kupu-kupu di habitat aslinya.

Atraksi Satwa

image 

Kegiatan wisata lain yang dapat dilakukan pada kawasan TN. Babul adalah wisata atraksi satwa, terutama untuk jenis-jenis Kupu-kupu dan Monyet Hitam Sulawesi (Macaca maura).
Hal menarik yang baru saja terungkap di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung adalah ditemukannya jenis Tarsius fuscus. Jenis ini dapat dengan mudah diamati karena letak sarangnya yang cukup mudah dijangkau. Selama ini, Tarsius hanya banyak diketahui di wilayah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Dalam beberapa ekplorasi antara tahun 2007 hingga 2008, jenis ini banyak didokumentasikan dengan menggunakan kamera. Pada bulan Maret tahun 2008, staf Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung berhasil menemukan salah satu sarangnya.

Petualangan

image 

Karst Maros-Pangkep yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung adalah surga bagi para petualang.
Salah satu lokasi favorit untuk olah raga panjat tebing adalah kawasan Pattunuang Asue/Biseang Labboro. Selain olahraga panjat tebing di lokasi ini juga dapat dilakukan aktifitas wisata yang beragam, mulai dari wisata tirta, selusur gua sampai dengan pengamatan satwa unik.
 

Patung awal masuk ke Bantimurung Maros

 

Gowa Mimpi


Meseum kupu-kupu 




 wawahhh.. penjual lagi galau tuhh....!!!!




















































Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking